Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android

Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android - Sobat ingin mengabadikan momen penting dengan foto namun ketika membuka kamera mendapat notifikasi Camera Failed ? seperti "errormessagehandler.handlemessage(-1)"  ? atau  juga “Peringatan! Kamera gagal ? ?” . pasti rasanya kesal ya. 

Sekarang kamera dalam smartphone merupakan salah satu yang wajib ada. Apalagi sekarang, dengan semakin berkembangnya sosial media, pasti banyak yang ingin menshare hasil fotonya ke sosmed tadi. Dan pastinya ada rasa kecewa ketika tiba-tiba kamera smartphone error di saat ingin mengabadikan momen penting tadi

Berikut ini kami sajikan tentang Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android. cara ini berhasil bagi sebagian orang tapi  ada juga yang masih error, tergantung penyebabnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa sobat coba, dimulai dari yang paling mudah terlebih dahulu.

kamera error


1. Coba Matikan Dulu Ponselnya

kamera error messagehandler.handlemessage(-1) terkadang  bisa kita atasi hanya dengan mematikan ponselnya terlebih dahulu atau restart. Dan ketika smartphone sobat dalam keadaan mati, coba lepas baterainya sebentar  (kalau bisa dilepas) lalu tunggu selama dua menit,. Kemudian setelah itu baru nyalakan lagi ponselnya. Ini merupakan Cara pertama yang cukup simple

Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android


2. Install Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

apabila yang bermasalah adalah Masalah rusaknya aplikasi kamera bawaan dari smartphone, maka sobat bisa mencoba dengan aplikasi kamera pihak ketiga. Cobalah menginstall aplikasi kamera buatan pihak ketiga, misalnya  camera zoom fx, Camera 360, Fx Cam, dll. Aplikasi ini bisa sobat dapatkan Google Play Store. Kebanyakan aplikasi kamera dari pihak ketiga ini memiliki  lebih banyak fungsionalitas ketimbag aplikasi kamera bawaan.

3. Tekan Kamera

kamera error bisa juga di sebabkan karena smartphone yang terjatuh, atau terguncang. Munculnya tulisan error messagehandler.handlemessage(-1) karena sering tertekan misalnya karena dimasukkan ke dalam kantong celana yang terlalu ketat.

ini bisa berakibat sensor kamera terlihat seperti terputus atau tidak terkoneksi dengan ponsel (permasalahan hardware). Sobat bisa mencoba cara ini Untuk mengatasinya dengan cara membuka casing belakang ponsel lalu coba tekan dengan lembut  atau gerak-gerakkan lensa kameranya, ingat, jangan terlalu keras sebab bisa-bisa malah memperparah kondisi. Sudah ada yang mencoba cara ini dan berhasil. Sekarang giliran sobat yang membuktikannya..

4. Hapus Isi Folder DCIM pada Memori Telepon dan SD Card

Sebelum melakukan cara ini, sobat harus membackup dahulu data foto- foto penting sobat agar nantinya tidak hilang. hapus semua isi folder DCIM di memori telepon dan SD card. . Setelah semuanya dihapus, buat folder baru dengan nama “Camera”. Untuk cara hapus dan membuat folder di Android bisa menggunakan aplikasi file manager.

5. Factory Reset

Factory Reset akan kembali seperti semula dengan kondisi hp seperti baru di beli.sama dengan cara di atas, sebelum melakukan ini,harap backup dulu foto-foto penting sobat ke pc ataupun perangkat lain. jika permasalahan kamera rusak akibat software, maka biasanya bisa diatasi dengan Factory Reset ini . cara melakukan Factory Reset ini , sobat bisa membuka menu Setting - Backup & Reset -Factory Data Reset.

6. Wipe Cache dan Dalvik Cache

ini bisa sobat lakukan melalui recovery mode. Sobat bisa mengakses Recovery Mode dengan kombinasi tombol yang berbeda di tiap serinya. Googling aja dan sesuaikan dengan tipe gadget Android yang sobat pakai.

7. Upgrade Firmware

obat sudah melakukan Factory Reset dan WipeData/Cache, namun pesan eror messagehandler.handlemessage(-1) tetap masih muncul? Silahkan sobat upgrade firmware (sistem operasi /pada Android sering disebut ROM) gadget ke versi yang lebih baru. Untuk cara upgrade firmwarenya bisa berbeda-beda tiap ponsel / tablet Android. Biasanya tutorial caranya bisa ditemukan di forum-forum Android.

8. Bongkar Ponselnya

ini hanya untuk yang mahir. Cara ini bisa sobat lakukan dengan membongkar ponsel, Sobat bisa melepas lensa kameranya, membersihkannya lalu memasangnya lagi dan pastikan posisinya benar dan sejajar.

Seperti disebutkan sebelumnya, kondisi ini bisa disebabkan akibat koneksi antara kamera dengan papan PCB ponsel yang bermasalah. 

Sobat sudah melakukan semua cara diatas tapi ternyata belum bisa mengatasi kamera yang rusak pada Android Sobat, maka mau tidak mau Sobat harus membawa ponselnya ke service center untuk diperiksa. 

0 Response to "Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android"

Post a Comment