Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone

Info android terbaik - Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone - Memang hadirnya teknologi smartphone bisa membuat hal postif dan bisa membantu memudahkan berbagai pekerjaan kita lainnya. Tapi ternyata tidak hanya hal postif saja dampak yang di bawa teknologi ini. Ada juga hal negative lainnya misalnya kecanduan dengan smartphone yang berakibat interaksi social kita dengan lingkungan juga bisa berkurang.  Untuk kesehatan juga, Penggunaan smartphone yang berlebihan ini mmeiliki dampak kurang baik .

Memang kita akui kecanggihan teknologi yang di bawa smartphone ini membuat para pengguna gadget menjadi ketergantungan dan kecanduan. Apabila kita sudah ketergantungan maka akibatnya interaksi sosial lingkungan dengan sekitar terutama orang lain secara langsung pun akan berkurang. Parahnya kadang kita tidak sadar telah menjadi kecanduan dalam menggunakan smartphone ini . sebab, zaman sekarang pekerjaan yang kita lakukan pun tidak pernah lepas dengan smartphone. Memang kita akui dengan kecanggihan smartphone ini  pekerjaan kita kendalikan hanya menggunakan perangkat kecil ini meskipun dalam jarak jauh sekalipun. 


Tips EFEKTIF Mengatasi Kecanduan Smartphone


Hal yang membuat kita sering menggunakan smartphone terkadang memang alasan karena pekerjaan dan kebutuhan misalnya membuka dan membalas email, menulis di aplikasi di word pad, bermain game, membuka media sosial dan masih banyak lagi.

Berdasarkan laporan tim psikolog University of Derby yang telah melakukan riset , kecanduan smartphone bisa mempengaruhi perkembangan psikologi karakter para penggunanya. Semakin sering smartphone digunakan, maka risiko kecanduan yang parah akan semakin meningkat. Sebab itu berikut kami  berikan Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone untuk sobat.


Cara dan Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone


1. Bersosialisasi dan bergaul Langsung dengan manusia

Ini merupakan salah satu paling efektif dalam mengatasi kecanduan smatphone. Cobalah keluar dan hang out bersama teman-teman, dan lupakan sejenak tentang aktivitas di dunia maya juga. Berbicara langsung sambil menata muka  di dunia nyata pada dasarnya tidak akan bisa digantikan dengan obrolan melalui ponsel atau dengan berkirim pesan.dengan  Bertatap muka saat melakukan pembicaraan bisa membuat kita paham terhadap apa yang sedang dirasakan oleh lawan bicara kita dan bisa memberikan respon yang tepat. 

Apabila kita perhatikan seorang pecandu smartphone terlihat  tak peduli dengan sekitarnya, merasa seolah olah tidak membutuhkan orang lain karena merasa dunia ada di genggamannya. Jikaperasaan ini telah menghinggapi  Sobat maka segeralah cepat ubah kebiasaan ini, keluarlah dan sementara simpanlah smartphone Sobat dan mulailah bergaul untuk memperbanyak sosialisasi dengan orang lain.

2. Kurangi Penggunaan waktu dengan smartphone

Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone

Cobalah cara ini dengan bertahap untuk mengurangi  penggunaan yang berlebihan. Memang smartphone sangat penting untuk kita dalam menerima informasi dengan cepat  sehingga tidak mungkin untuk tidak menggunakannya sama sekali, karena itu lakukanlah secara bertahapmisalnya mematikan ponsel sejam sehari

3. Matikan Notifikasi

Matikanlah  semua notifikasi dari aplikasi jejaring sosial  yang ada di smartphone kita . apabila Sobat menganggap bahwa mematikan notifikasi bisa  memutuskan Sobat dari kontak orang penting, Sobat pun  bisa memilih opsi untuk mematikan notifikasi aplikasi mana yang harus di-non aktifkan.

4. gunakan smartphone di waktu yang tepat

Kita harus bijak dan tahu kapan seharusnyawaktu  menggunakan smartphone. jangan menggunakan smartphone waktu berkendara ataupun lagi kumpul dengan keluarga.

5. Menggunakan Fitur Standard an kurangi media social 

Apabila sobat tidak sibuk dalam media social makan sobat bisa menggunakan fitur standard untuk menelepon dan mengirim pesan sms saja sebab dengan cara ini nantinya Sobat tidak akan tergoda untuk berlama-lama menatapi alat komunikasi Sobat.

Dengan menggunakan smartphone secara bijak sobat bisa  mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan smartphone ini, kita harus ingat bahwa kegiatan di dunia nyata akan lebih memberikan manfaat yang positif sehingga Sobat akan lebih banyak mendapatkan pelajaran dan pengalaman.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini mengenai Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone bisa bermanfaat dan semoga sobat dapat  lepas dari ketergantungan terhadap penggunaan smartphone.

0 Response to "Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone"

Post a Comment